KOSAKATA KITA "SALAMBOK"

 KOSAKATA KITA
"SALAMBOK"
Halo semuanya...!
Apa kabar kalian...?
Semoga kabar baik ya.
Kali ini saya akan berbagi kosa kata yang unik untuk teman-teman. Kosa kata yang saya perkenalkan kepada teman-teman juga sudah termasuk dalam KBBI lo, nah agar teman-teman tidak penasaran seperti apa kosa katanya, terus baca blog saya ya....! 




Salambok berasal dari bahasa Dayak Lawakng yang artinya Bakul. Dalam KBBI sudah termuat kata Bakul yang masuk dalam kelas nomina.  Bakul merupakan wadah atau tempat yang terbuat dari anyaman bambu atau rotan. Begitu juga definisi Salambok menurut Penutur Dayak Lawakng yang diartikan sebagai wadah yang terbuat dari Rotan dan Bambu.
Ukuran Salambok biasanya disesuaikan dengan anyaman yang ditentukan oleh pengrajin.  Salambok memiliki ciri-ciri pada bagian atas dengan mulut berbentuk lingkaran, sedangkan bagian bawahnya berbentuk segi empat yang ukurannya lebih kecil dari pada ukuran mulutnya.
Fungsi dari Salambok adalah wadah untuk mencuci beras yang sering digunakan oleh penutur Dayak Lawakng ketika mencuci beras di Sungai. Selain berfungsi untuk mencuci beras, bisa juga digunakan sebagai wadah untuk meletakkan nasi yang sudah matang.

 Sekian pemaparan kosa kata "SALAMBOK", semoga bermanfaat untuk teman-teman sekalian.
#MakulDastik dan
#AnakDastik dan
#BersamaBerprosesUntukMemperolehHasilTakIngkar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KOSAKATA KITA "KABAMBOK"

Kosakata Kita "Parenggi"